Peluang Tim Sepak Bola Indonesia di Ajang Piala Dunia

Bermain di ajang sepak bola dunia seperti ajang tertinggi piala dunia tentu saja menjadi harapan dan impian setiap negara. Tidak terkecuali dengan tim nasional Indonesia. Dilihat dari segi prestasi tentu saja masih sulit Indonesia untuk maju ke kancah dunia bersaing dengan negara-negara besar yang menjadi langganan peserta piala dunia.

Apalagi akhir-akhir ini sepak bola Indonesia baru saja melalui masa-masa sulit dengan sanksi yang diberikan oleh FIFA untuk tim sepak bola di Indonesia. Bongkar pasang pemain, gonta-ganti pelatih juga terus dilakukan demi meningkatkan prestasi tim nasional Indonesia bersaing dengan negara tetangga dan juga negara-negara di seluruh dunia agar bisa masuk ke nominasi piala dunia.

Di Kancah Asia pun Indonesia Belum Bisa Berkuasa

Bukan hal yang mudah tentu saja, mengingat di kancah Asia pun Indonesia masih belum bisa berkuasa menjadi tim sepak bola yang tangguh. Di piala dunia 2018, Asia hanya bisa mengirimkan lima wakilnya, Korea Selatan, Jepang, Iran, Arab Saudi dan Australia, negara yang dalam sepak bola masuk ke wilayah Asia.

Maka, harusnya Indonesia juga mempunyai target untuk sampai kesana, karena walaupun sulit bukan berarti tidak mungkin saat kita ingin berusaha. Nilai di atas kertas hasilnya akan berbeda dengan hasil saat pertandingan di lapangan. Seperti contohnya negara Belanda dan juga Italia yang selalu dijagokan menjadi bagian terpenting di setiap perhelatan piala dunia, justru di 2018 ini mereka gagal melaju ke Rusia.

Melihat Kualitas Pemain Tim Indonesia

Padahal seperti kita ketahui, Belanda dan Italia adalah dua negara yang termasuk peserta aktif mengikuti piala dunia, bahkan mereka sering masuk ke babak perempat final bahkan Italia pernah beberapa kali menjuarai ajang dunia tersebut.

Mesir, yang lama vakum sejak terakhir tahun 1990 lalu, di piala dunia 2018 justru berhasil lolos. Mohammed Salah dan kawan-kawan mampu mengobati rindu dari seluruh masyarakat Mesir. Suatu pencapaian yang luar biasa. Tim nasional Indonesia, bisa menjadikan Mesir sebagai patokan, mereka mampu maka Indonesia juga diharapkan mampu menembus babak kualifikasi dan menjadi peserta di ajang tersebut.

Misalkan dilihat dari babak kualifikasi memang Indonesia masih sulit menembus ke putaran  final, maka ada terobosan yang bisa di lakukan, yaitu dengan menjadi tuan rumah yang otomatis langsung masuk ke babak putaran final tanpa harus melalui babak kualifikasi grup maupun babak play off.

Peluang Indonesia menggantikan Qatar

Pemerintah Indonesia bukan tidak pernah mengajukan permohonan menjadi tuan rumah untuk ajang piala dunia. Indonesia pada tahun 2010 yang lalu pernah mengajukan bidding untuk menjadi tuan rumah di ajang piala dunia untuk tahun 2022. Namun, Indonesia masih diragukan segi keamanannya. Pemerintah pun waktu itu dinilai masih ragu untuk memastikan keamanan untuk setiap negara beserta pendukung yang akan bertanding.

Karena itu lah permohonan Indonesia ditolak. Pada tanggal 19 Maret 2010, FIFA secara resmi menolak permohonan Indonesia dan justru langsung menunjuk Qatar sebagai tuan rumah piala dunia 2022. Banyak yang menunggu momen piala dunia, tentu banyak juga agen judi bola terpercaya yang tersedia yang layak dipilih untuk bertaruh.

Namun, penunjukan Qatar sebagai tuan rumah menuai sebuah prahara. Negara Qatar saat ini sedang mengalami permasalahan domestik dengan beberapa negara tetangga. Khususnya negara-negara di timur tengah yang mengucilkan negara Qatar karena beberapa permasalahan.

Selain karena hal tersebut, penunjukan Qatar sebagai tuan rumah juga ditentang oleh beberapa negara yang berasal dari zona Eropa. Padahal seperti kita ketahui bersama, zona Eropa merupakan wilayah yang mendominasi peserta piala dunia. Di piala dunia 2018 ini misalnya, zona Eropa mampu mengirimkan tiga belas tim nasional negara yang akan bertanding di Rusia nanti.

Penutup

Alhasil, FIFA pun membatalkan Qatar menjadi tuan rumah piala dunia untuk tahun 2022 mendatang. Tentu saja menjadi peluang bagi Indonesia untuk bisa menggantikan Qatar. Diharapkan pemerintahan bapak Jokowi saat ini mampu memfasilitasi  dengan menjamin keamanan. 

Serta apabila ditinjau sebenarnya infrastruktur yang dimiliki oleh Indonesia seperti stadion-stadion sudah memenuhi standar internasional dan layak untuk menjamu tamu dari tim seluruh dunia. Dengan menjadi tuan rumah tentunya membuka peluang besar tim kita bisa menjadi peserta piala dunia.

Tags: , ,